Friday, January 2, 2015

Yang patut dinantikan di MotoGP musim 2015


Berikut enam poin yang patut dinantikan di MotoGP musim ini, versi Crash:
1. Marc Marquez dan Valentino Rossi?
Dua pembalap terbaik musim 2014 ini memiliki alasan kuat untuk tampil lebih kuat lagi di 2015. Juara bertahan dua kali asal Tim Honda, Marquez, musim lalu absen tes musim dingin akibat cedera dan sedang dalam usia (22 tahun) matang.
Sedangkan Rossi yakin tahun keduanya bersama Ketua Tim Yamaha, Silvano Galbusera, akan memberikan keuntungan lebih. Pembalap 36 tahun itu juga berharap Yamaha akan mengeluarkan untuk pertama kali sistem perpindahan gigi (seamless downshift system) yang sama dengan Honda.
2. Rookie MotoGP
Musim depan, ada 4 pendatang baru yang bisa menjadi ancaman untuk para pembalap top. Mantan juara Moto3 dan langganan pemenang di Moto2, Maverick Vinales, jadi sorotan setelah bergabung dengan Suzuki.
Pembalap 20 tahun, Jack Miller, melakukan lompatan mengejutkan dari Moto3 langsung ke kelas utama setelah bergabung dengan LCR. Sedangkan dua bintang Superbike, Eugene Laverty dan Loris Baz, juga akan mencoba peruntungan.
3. Scott Redding dan Cal Crutchlow Gabung Tim Satelit Honda
Meski tampil dengan motor kurang kompetitif di musim debutnya (RCV1000R), Redding berhasil menjaga konsistensi sepanjang 2014. Kini, pembalap 21 tahun ini akan mendapatkan motor lebih kencang (RC213V) usai gabung dengan tim Marc VDS.
Hal yang sama didapat oleh Crutchlow. Meski berstatus mengambil langkah mundur dari tim pabrikan (Ducati), musim lalu, dan bergabung dengan tim satelit Honda (LCR), pembalap Inggris itu juga mendapatkan motor RC213V yang terbukti kompetitif. Kedua pembalap ini bisa menyodok ke posisi depan.
4. Akan Seberapa Bagus Tim Open Class Honda?
Tahun lalu, tim kelas terbuka Honda tampil sangat mengecewakan. Motor RCV1000R hanya mampu mencatatkan posisi terbaik 7, meski dibetot oleh mantan juara dunia macam Nicky Hayden dan runner-up Moto2, Scott Redding.
Untungnya, kelas terbuka Honda akan dipoles pada 2015 karena menggunakan mesin RC213V. Meski memiliki beberapa kekurangan dari motor tim pabrikan, motor ini memiliki keuntungan seperti lebih banyak bahan bakar dan pemilihan ban yang lebih banyak. Tim pabrikan bisakah terkejar?
5. Bagaimana Tim Baru Macam Suzuki dan Aprilia?
Suzuki dan Aprilia akan kembali ke MotoGP musim depan. Kedua tim yang baru comeback itu akan mendapatkan keuntungan karena hanya diberikan peraturan kelas Factory 2 (seperti Ducati), memiliki banyak kesamaan seperti kelas terbuka (Open Class).
Kedua tim pun sudah mendapatkan pembalap-pembalap berbakat dalam lineup mereka. Aleix Espargaro akan bekerja sama dengan bintang Moto2, Vinales, di Suzuki. Sedangkan Aprilia memanggil kembali mantan runner-up MotoGP, Marco Melandri, dai WSBK untuk menjadi rekan Alvaro Bautista.
6. Pergantian Peraturan
2016 akan terjadi perubahan peraturan besar di MotoGP. Dari tiga kelas seperti saat ini (Factory, Factory 2, dan Open Class) digantikan oleh sebuah regulasi teknis, termasuk sebuah kontrol ECU. Akan ada juga perubahan pada sisi ban, dari Bridgestone ke Michelin.
Tidak ada perubahan dramatis di 2015, tapi motor akan lebih ringan 2kg (158kg) dan tim pabrikan (Honda, Yamaha, dan Ducati) tidak boleh mengembangkan perangkat lunak ECU mereka sejak 1 Juli, untuk berkonsentrasi pada sistem baru jelang 2016.
Hukuman kalau sampai menembus batas mesin akan dikurangi. Sekarang, pembalap akan tetap start dari pitlane, tapi dengan jeda hanya 5 detik (musim lalu 10 detik). 


No comments:

Post a Comment